Determinants of Individual Taxpayers’ Compliance in Indonesia: A Meta-Analysis

Okta Handayani, Theresia Woro Damayanti

Abstract


Abstract: This research presents a meta-analysis towards 31 studies regarding the tax compliance in Indonesia from 2010- 2015. This study examined the influence of the tax's service quality, tax knowledge, taxpayer awareness, tax socialization, tax sanctions and attitudes of taxpayers to the taxpayer compliance in Indonesia. The purpose of this study is to strengthen the findings of previous research that the dependent variable is affecting taxpayer compliance in Indonesia. Used meta-analysis, this study obtained empirical evidence that all the dependent variables are the quality of tax services, tax knowledge, taxpayer awareness, tax socialization, tax sanctions and attitudes of taxpayers positively affects the taxpayer compliance of individuals in Indonesia.

Abstrak: Penelitian ini menyajikan meta-analisis terhadap 31 penelitian mengenai kepatuhan pajak di Indonesia dari tahun 2010-2017. Studi ini menguji pengaruh kualitas pelayanan pajak, pengetahuan pajak, kesadaran wajib pajak, sosialisasi pajak, sanksi pajak dan sikap pembayar pajak untuk kepatuhan wajib pajak di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkuat temuan penelitian sebelumnya bahwa variabel dependen mempengaruhi kepatuhan wajib pajak di Indonesia. Dengan menggunakan meta-analisis, penelitian ini memperoleh bukti empiris bahwa semua variabel dependen adalah kualitas jasa perpajakan, pengetahuan pajak, kesadaran wajib pajak, sosialisasi pajak, sanksi pajak dan sikap wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak individu di Indonesia.


Keywords


Taxpayers Compliance; Meta-Analysis

Full Text:

PDF

References


Aini, Qurrotul.2013. "Peran Sosialisasi E-Registration Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi." Jurnal Akuntansi Unesa vol 2 no 1

Andinata, Monica Claudia.2015. "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.4 No.2

Andyastuti, Listiana. 2013. Pengaruh Penyuluhan, Pelayanan, Pemeriksaan, dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Orang Pribadi, Jurnal,Universitas Brawijaya, Malang.

Budiono, B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan.Jakarta: Rineka Cipta.

Cooper, H. M. 1982. Scientific guidelines for conducting integrative research reviews. Review of Educational Research, 52, 291-302.

Devano, Sony dan Rahayu. 2006. Perpajakan Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Kencana.Direktorat Jendral Pajak. 2016. Realisasi Penerimaan Pajak per 30 November 2015.http://www.pajak.go.id/content/article/realisasi-penerimaan-pajak-30november-2015.

Direktorat Jendral Pajak Menteri Keuangan. 2016. Www.Pajak.Go.Id. 4 23. Accessed 8 9, 2016. Http://Www.Pajak.Go.Id/Content/Article/Refleksi-Tingkat-Kepatuhan-Wajib-Pajak.

Fanani, Z. 2014. Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance terhadap Manajemen Laba: Studi Analisis Meta. Jurnal Keuangan dan perbankan, Vol 18, No.2 hlm. 181-200.

Fenani, Zaenal.2016. "Research Study Literature Using Meta Analysis." Teknik Analisis Data. Malang: Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

García-Meca, E., dan J. P. Sánchez-Ballesta. 2009. Corporate Governance and Earnings Management: A Meta-Analysis. Corporate Governance: An International Review, 17(5), pp. 594–610.

Halim, Donny, And Juli Ratnawati.2014. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak." Eprints.Dinus.Ac.Id.

Hunter, J. E. dan F. L Schmidt. 1990. Methods of Meta-analysis: Correcting Error and Bias in Research Findings. Beverly Hills, CA: Sage.

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajk Pada Pelaksanaan Sanksi Denda,Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.http://eprints.undip.ac.id/6812/.

Jotopurnomo, Cindy dan Yenni Mangoting. 2013. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, KualitasPelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Berada Terhadap KepatuhanWajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya”. Tax and Accounting Review, Vol.1, No. 1

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

L. P, Anggraini Fibria dan Waluyo. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi. e-Journal Magister Akuntasi Trisakti Volume. 1 Nomor. 1 Februari 2014 Hal. 51-68.

Lipsey, M.W. dan D.B. Wilson. 2001. Practical Meta-analysis. Applied Social ResearchMethods, 49. Sage Publications, Inc. California.

Mahardika, I. G. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (Jjpe) Vol 5 No 1

Mangoting, Yenni dan Arja Sadjiarto. 2013. Pengaruh Postur Motivasi Terhadap KepatuhanWajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 2, November 2013, 106-116.

Mardiasmo. 2006, "Perpajakan , Edisi Revisi . Andi : Yogyakarta

Muarifah, Tanzilah. 2014. “Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdapat Pada Kpp Pratama Semarang Selatan).” Eprints.Dinus.Ac.Id

Muslim, Afdilla. 2007. Pengaruh tingkat pemahaman. Pendidikan, Pengalaman dan PenghasilanWajibPajak di KPP Padang. Skripsi FE Unand.

Ni Ketut Muliari & Putu Ery Setiawan. 2011. Pengaruh Persepsi tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Vol.6.1.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Nugroho,Agus, Jatmiko. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda,Pelayanan Fiskus dan 54. Tax & Accounting Review VOL.1, NO.1

Pamuji, Adi Ratno. 2014. Mochammad Djudi Mukzam dan Nengah Sudjana. Faktor-FaktoYang Mempengaruhi Kepatuhan Pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan. Jurnal Mahasiswa Perpajakan Vol 3 No. 1.

Prastowo, Y. 2017. CITA. Retrieved May 2, 2017, from Center for Indonesia Taxation Analysis: http://www.cita.or.id/wp-content/uploads/2017/02/Siaran-Pers-CITA-Outlook-Perpajakan-2017.pdf

Pudji Muljono. 2007. Learning Society, Penyuluhan dan Pembangunan Bangsa. JurnalPenyuluhan. Vol 3(1) : Hal. 55-63.

Riko, Thomas. 2006. Analisis Tingkat PemahamanWajib Pajak Badan dan Fiskus Terhadap Perencanaan dan Penggelapan Pajak pada KPP Padang. Skripsi : FE UNAND.

Rohmawati, Alifa Nur dan Ni Ketut Rasmini. 2012. Pengaruh Kesadaran, Penyuluhan, dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal AkuntansiUniversitas Unadaya. Vol. 1, No. 2.

Rosyada, Annisaa Amrina. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak.” Eprints.Dinus.Ac.Id.

Salman, Kautsar Riza dan Mochammad Farid. 2008. “Pengaruh Sikap dan Moral Wajib Pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak pada Industri Perbankan di Surabaya”. Jurnal STIE Perbanas Surabaya.

Solich Jamin (2001), Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Sebelum dan Selama KrisisEkonomi Pada KPP di Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, TesisProgram Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro

Suhendri, Diyat. 2015. "Pengaruh Pengetahuan, Tarif Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas Di Kota Padang (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Padang)." Jurnal Akuntansi Ejournal.Unp.Ac.Id, 2015.

Sulistiyono, Adincha Ayuvisda. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Kepatuhan Wajib PajakDalam Membayar Pajak Penghasilan Orang Pribadi Usahawan. Jurnal Akuntansi Unesa Vol.1 No 1

Supadmi, Ni Luh. 2009. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Dalam Audi Jurnal Akuntansi Dan Bisnis. Vol 4(2), 1-14.

Susanto, Jessica Novia. 2013. Pengaruh Persepsi Pelayanan Aparat Pajak, Persepsi Pengetahuan Wajib Pajak, dan Persepsi Pengetahuan Korupsi Terhadap Kepatuhan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 2 No. 1

Suyatmin. (2004), Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan : Studi Empiris di Wilayah KP PBB Surakarta, Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Syahril, Farid. 2013. Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Orang Pribadi.

Tiraada, Tryana A.M. 2013. Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus TerhadapKepatuhan WPOP di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA Vol.1 No.3, 999-1008.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta

Utami, Thia Dwi, And Kardinal. 2013. "Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Seberang Ulu." Eprints.Mdp.Ac.Id.

Widyastuti, Ella. 2015. "Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Lingkungan Wp Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Pph Orang Pribadi (Studi Empiris Pada Kpp Pratama Surakarta)." Eprints.Ums.Ac.Id.

Winerungan, Oktaviane Lidya. 2013. Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi PerpajakanTerhadap Kepatuhan WPOP di KPP Manado dan KPP Bitung. Jurnal EMBA 961 Vol.1 No.3 September 2013.70.




DOI: http://doi.org/10.33312/ijar.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

The Indonesian Journal of Accounting Research (IJAR)

Editorial Secretariat

Master of Science and Doctoral Programs
Faculty of Economics and Business, Gadjah Mada University

Jl. Nusantara, Bulaksumur Yogyakarta 55281
CP : Novita
Phone  : +62 812-2848-2829
Fax    : +62 274 524606
Website: http://ijar-iaikapd.or.id/
Email  : sekretariat@ijar-iaikapd.or.id

Marketing and Sales Office

Ikatan Akuntan Indonesia
Graha Akuntan, Jl. Sindanglaya No.1 Menteng, Jakarta Pusat 10310
CP : Reza Fauzi
Divisi Pelayanan, Keanggotaan dan Mitra IAI.
Grha Akuntan, Jl. Sindanglaya No.1, Menteng.
Telp.021-31904232 Ext.324/321

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ISSN 2086-6887 (Print)
ISSN 2655 - 1748 (online)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------